Tenun Rangrang Nusa Penida Bali dan Motif Gelombang Cantik Olla Ramlan

Tenun rangrang dari pulau Nusa Penida Bali menjadi salahsatu kain Nusantara yang disukai selebriti dan fashion designer. Motifnya yang khas geometris dengan tekstur garis rapat dan renggang membuat warnanya berpadu indah dan segar.

”Saya suka warna dan motifnya yang sangat unik, bikin saya kelihatan cerah saat memakainya,” tutur artis Olla Ramlan.

Olla memang menjadi pengagum kain rangrang Bali. Salahsatu motif tenun rangrang yang dipakai wanita kelahiran Banjarmasin ini bahkan sering dikenal dengan Motif Olla Ramlan.

Berbeda dengan motif original tenun rangrang yang berupa zig-zag bersudut runcing, rangrang motif Olla Ramlan sedikit berlekuk menyerupai gelombang.

Motif gelombang ala Olla Ramlan juga sering disebut motif Bianglala. Motif kontemporer ini awalnya dikembangkan oleh desainer fashion Jakarta Priyo Oktaviano yang bekerja sama dengan Cita Tenun Indonesia (CTI) guna meningkatkan nilai tambah perajin tenun Indonesia. Motif ala Olla Ramlan ini lantas diikuti banyak perajin tenun Nusa Penida Bali dan dijual secara online di situs belanja tenun paling populer di Indonesia www.tokotenun.com.

Sementara menanggapi makin banyaknya fashion show yang mengangkat tren kain tradisional, Olla ikut merasa bangga. ”Material asli Indonesia menjadi fashion yang berkelas dan sejajar dengan fashion dunia internasional. Khususnya rangrang ini. Saya kira dunia internasional juga mengakui keindahannya,” tutur artis kelahiran 15 Februari 1980 ini

Posting Komentar

0 Komentar